Want to see more topics?

20 May 2019

Cara menjadi seorang Muslim yang baik

~By: Ahmad Mu'Arif

   Well, ya! Meskipun sempat vakum beberapa bulan, Mr. Gaje tetap membuka akses bagi siapapun untuk mengirimkan request (permintaan) maupun question (pertanyaan), bagaimana caranya? Baca di bagian akhir postingan.

   Hai! Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakaatuh, Selamat datang kembali di halaman Mr. Gaje bagi yang mengakses melalui Facebook, dan Selamat Datang di blog Mr. Gaje bagi yang mengaksesnya melalui blog. Terkadang, sebagai seorang Muslim kita melakukan kelalaian, sebagian bahkan tidak mengetahui bahwa ternyata yang ia lakukan adalah kesalahan. Maka dari itu teruntuk kamu yang sedang membaca, kali ini Mr. Gaje akan memberikan sedikit pelajaran tentang menjadi seorang Muslim yang baik.

   Tidak semudah sekedar melakukan apa yang diperintah-Nya, tapi tentu kamu juga harus menghindari larangannya, jauhi, lupakan dan abaikan godaan syaitan yang selalu membuatmu terjerumus ke sana. Itu memang tidaklah mudah, tapi jangan banyak mengeluh, coba saja dulu, perlahan kamu akan mulai terarah kepada kebaikan. Kuncinya adalah, "Semakin kamu bersungguh-sungguh, semakin Allah mengarahkanmu kepada kebaikan."

1. Pertama-tama, Intropeksi Diri
   Perhatikan, ingat-ingat apa saja kesalahan yang telah kamu perbuat, jika kamu memiliki kesalahan terhadap seseorang, misalnya yang pernah terjadi masalah di masa lalu dan berakhir dengan pertengkaran, perpisahan, maka cobalah untuk meminta maaf dengannya, usahalah dulu, jangan langsung mengeluh tidak bisa. Coba atasi kesalahan-kesalahanmu yang lain, coba dari orang terdekat misalnya keluarga sendiri, kemudian kerabat, tetangga, dan yang paling utama ada dirimu sendiri. Jika kamu masih belum bisa sepenuhnya mengatasi masalah yang ada di dalam dirimu, setidaknya kamu sudah berusaha, pindahkan fokusmu kepada hal yang lain, jangan hanya berlarut-larutan memikirkan keburukan diri sendiri. Kamu pasti bisa menyelesaikannya perlahan selagi kamu mengatasi hal lain.
   Jika kamu seorang perokok, maka berhentilah merokok. Lebih baik menghirup udara segar setiap hari daripada merokok yang jelas memberikan dampak buruk bagi diri sendiri maupun orang lain, ditambah suhunya yang relatif hangat hingga panas, membuat suasana pengap, diri menjadi resah dan sering gelisah.
   Jika kamu adalah seorang yang sering gelisah tanpa alasan yang jelas? Saya tahu biasanya orang seperti ini adalah yang berkepribadian Introvert dan Ambivert, yang sering depresi karena masalah-masalah tertentu yang padahal bisa diselesaikan dengan kepala dingin tapi malah dibuatnya rumit dan berujung dengan perasaan gelisah, takut hal tersebut tak akan selesai, kemudian pesimis dan merasa perjuangannya tidak akan berarti. Padahal kamu bisa, tapi kamu memilih tidak bisa. Maka berubahlah, kamu sendiri mendapat kebaikan jika kamu mau merubah, kamu sendiri yang memilih, kamu yang harus berubah. Rubahlah rasa pesimismu menjadi rasa optimis, rubahlah setiap depresimu dengan amalan yang mampu menetralkan pikiranmu, jika kamu malas? Maka rubahlah kemalasanmu menjadi kedisiplinan dan rajin, kamu bisa hanya saja kamu memilih tidak bisa. Jika rasa malas selalu 'bertingkah'? Setidaknya arahkan dirimu sendiri ke amalan-amalan kecil seperti berdzikir dan shalawat, maka Allah akan mengarahkanmu kepada kebaikan dan menjauhkanmu dari yang membuatmu gelisah selama kamu mau berusaha. Jangan salah, siapapun tidak ingin 'memberi gaji' kepadamu jika kamu 'tidak bekerja'.
   Jadi kesimpulannya, belajarlah untuk menghindari hal-hal buruk, dan mulailah dekati hal-hal baik, dekatkan diri kepada Allah, perbanyak ibadah dan amal shaleh. Perbaiki cara berpikir, cara bersikap, dan yang utama adalah cara berpenampilan, orang akan menghormatimu jika kamu menghormati diri sendiri dengan berpenampilan sopan dan tertutup auratnya.

2. Kenali Hal-hal Tidak Baik
   Seperti misalnya Hal-hal sederhana yang tidak boleh dilakukan dalam Islam, agar ke depannya kamu bisa mengantisipasi diri sendiri dari hal-hal tertentu yang harus kamu hindari.

3. Menta'ati Perintah-Nya dan Menjauhi Larangan-Nya
   Ingat kembali Rukun Islam dan Rukun Iman, memahami dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari bisa sangat membantumu dalam berhijrah menjadi seorang Muslim yang lebih baik. Melakukan sunnah-sunnah Nabi Muhammad SAW juga mampu mengarahkanmu dalam berhijrah, untuk menjadi seorang Muslim yang lebih baik juga tentunya.

 - Last but not least, abaikan godaan-godaan syaitan maupun orang-orang yang berperilaku layaknya syaitan di manapun dan kapanpun, seringnya ibadah bisa membangun perisai bagi dirimu sendiri agar tidak terjerumus kepada yang tidak seharusnya. Jangan mudah terpancing akan omongan seseorang, penting atau tidak yang dia bicarakan kamu harus selalu bersikap ramah, sopan dan santun. Bersikaplah tegas hanya kepada yang memang tidak seharusnya. Jaga perilaku, jaga diri, jangan sampai dirimu sendiri menjadi penyebab suatu masalah. Jadilah lebih peduli kepada sesuatu yang memang harus dipedulikan, dan abaikan sesuatu yang tidak terlalu penting. Tahulah, di zaman sekarang banyak orang yang meskipun alim tapi masih saja terpancing hal-hal buruk seperti ikut berkomentar kasar ke suatu postingan di dunia maya. Sudahlah, kamu bisa mengarahkan dirimu kepada kebaikan, cukup jauhi hal-hal yang memancing emosi seperti itu, temukan postingan-postingan bermanfaat jika tetap ingin menggunakan media sosial tapi tetap terhindarkan dari sulutan emosi.

   Itulah sekiranya yang bisa saya sampaikan, mohon maaf atas segala kekurangan dan mohon maaf sebesar-besarnya jika ada dari kalimat yang saya sampaikan menyinggung suatu pihak, saya benar-benar tidak bermaksud untuk menyinggung🙏
   Ikuti terus Mr. Gaje tiap harinya untuk mendapat berbagai informasi, Like & Share ya guys! Mari kita bangun bersama fanspage ini agar kita memperluas wawasan bersama dan berbagi manfaat bagi semua orang. See you, #Gajeers!

   Ikuti juga Mr. Gaje di Facebook: Mr. Gaje

 - Lihat juga:
- Apa Hukumnya tidak konsisten dalam memakai Hijab maupun Cadar?
- Apa Hukumnya berfoto dengan lawan jenis yang bukan mahramnya?
- Apa Hukumnya pacaran dalam Islam?
- Apa Hukumnya memakai cadar?
- Apa Hukumnya menggambar makhluk hidup dalam Islam?
- Hal-hal sederhana yang tidak dilakukan dalam Islam

www.faceook.com/Mr.Gaje86

0 komentar

Post a Comment

Motto:

"Jangan berharap lebih, jika tidak berusaha lebih." ~Gray