Want to see more topics?

22 March 2020

Bagaimana cara membuat Bot Discord secara manual (dengan coding) di Android?

~By: Ahmad Mu'Arif

[1/5]

mistergaje.blogspot.com
   Yooo.. Halooo gaess.. Balik lagi nih, sama Mr. Gaje. Belakangan Mr. Gaje liat makin banyak aja Discord user yang tertarik bikin bot sendiri, entah sekedar buat hiasan sebagai simbol servernya atau asisten baru user.

Baca juga:
- Apa itu Discord, dan bagaimana cara menggunakannya? - Versi Mr. Gaje 
- Apa itu Bot Discord? | Daftar Bot Discord Terbaik 2020 menurut Mr. Gaje 

   Ada dua jalan untuk membuat bot Discord menurut caranya, yang pertama adalah dengan cara manual seperti yang akan saya bahas kali ini, dengan coding (code-ing) dan menyusun kode-kode secara manual untuk membangun program agar Bot dapat bekerja dengan baik,, atau cara kedua kita bisa membangun Bot Discord tanpa perlu coding, seperti pembahasan saya yang sebelumnya tentang "Bagaimana cara membuat Bot Discord tanpa coding?", memang jelas jalan ini lebih mudah daripada capek-capek belajar programming untuk coding dan menyusun kode secara bertahap, tapi dengan begitu meski kamu mendapat kemudahan akan ada keterbatasan bagimu pada fitur-fitur tertentu, terutama karena kamu jadi kesulitan untuk berkreasi dan membuat hal-hal baru dengan botmu sendiri.

   Ok, jadi, seperti yang telah saya sampaikan, kali ini kita akan membahas bagaimana caranya membuat Bot Discord secara manual, atau dengan coding, di android.
   Sebelum itu, kita perlu mengetahui, apa itu coding? Coding (Code-ing) adalah sebutan untuk sebuah aktivitas dimana seseorang menulis kode-kode tertentu menggunakan bahasa program dan platform tertentu untuk menjalankan suatu program. Untuk sebuah Bot Discord, ada banyak pilihan untukmu jika kamu ingin belajar coding. Yang serigkali dibilang tempat paling mudah membuat dan mengoperasikan bot adalah Python, walau begitu banyak sekali juga para developer menggunakan Javascript. Ini adalah kedua media platform yang seolah-olah bersaing dalam pembuatan dan pengoperasian Bot Discord. Tapi perlu diingat bahwa kamu perlu banyak belajar terlebih dahulu barulah kemudian kamu bertanya pada seorang ahli jika kamu benar-benar kebingungan, karena meng-coding suatu program tidaklah mudah.


   Ada beberapa cara yang bisa kita gunakan untuk memulai coding. Bisa melalui Smartphone maupun PC, tapi saya lebih merekomendasikan PC karena bisa digunakan untuk lebih banyak platform programming. Karena topik hari ini adalah tentang bagaimana melakukannya melalui android, kalian yang menggunakan PC masih bisa mengikuti caranya karena saya akan menggunakan Browser, yang di mana itu akan tidak jauh berbeda dengan tampilan di Android.
   Tambahan, sebenarnya ada banyak software yang bisa kita gunakan untuk pemograman, sejauh ini yang saya tau paling sering digunakan adalah Javascript dan Python. Pilih saja salah satu, tapi sayangnya saya belum menemukan cara untuk menggunakan Python di android, dan berhubung saya sedikit berpengalaman dalam Discord Bot Making via Javascript (Discord.js), jadi saya akan memberikan cara itu saja.

🔸🔹Ok, Let's get in to it!🔹🔸

1. Persiapan
✧ Device yang memadai, tidak masalah berapa size yang anda miliki, yang penting aplikasi tidak akan terbuka ulang (restart) ketika anda berpindah dari aplikasi satu ke aplikasi yang lain.
✧ Google Chrome , sebenarnya tidak masalah jika ingin menggunakan browser yang lain, tapi saya sangat merekomendasikan Google Chrome karena lebih stabil untuk urusan Online Programming.
✧ Discord , ya udah pasti sih, wkwkwk. Namanya juga mau bikin Bot Discord masa app Discordnya nggak punya.
✧ Note/Catatan , terserah catatan secara fisik (buku/kertas) atau catatan secara digital (Aplikasi Catatan), selama fungsinya tetap sama yaitu untuk mencatat sesuatu. Kamu akan membutuhkannya nanti.

🔸🔹🔶🔷🔰🔷🔶🔹🔸

[1/5]


1 comment


EmoticonEmoticon

Motto:

"Jangan berharap lebih, jika tidak berusaha lebih." ~Gray