Want to see more topics?

05 November 2019

Bagaimana cara membuat Bot Discord tanpa perlu coding? | Mr. Gaje

~By: Ahmad Mu'Arif

[1/2]

   Selamat datang kembali bersama Mr. Gaje disini! Di dalam Discord seringkali kita menemui Bot-bot dengan fitur-fitur khusus yang mereka miliki, seperti yang paling populer adalah untuk Music yang sebagaimana namanya adalah untuk mendengarkan musik tertentu menggunakan Bot tersebut, Moderation sebagai sistem pengurusan server, Utility sebagai fitur pelengkap, ada berbagai macam fitur Utility tergantung masing-masing developer dalam mengembangkan Botnya, kemudian ada juga fitur Fun yang seringkali digunakan sebagai bot pendamping/penghibur para penggunanya yang biasanya menggunakan fitur hiburan, minigame, gif, foto-foto menghibur, atau bahkan meme dan simulasi seolah-olah sedang berada dalam pertarungan dengan player tertentu, Bot-bot memiliki fiturnya masing-masing. Itu hanya fitur-fitur yang populernya saja, masih ada banyak sekali lagi fitur-fitur yang Bot Discord miliki, tapi kembali ke tentang tergantung Developer bot tersebut dalam mengembangkan botnya.

   Baik, kemudian apa itu Discord? Discord adalah platform sosial dengan tampilan layaknya grup chat, di mana 'grup' di situ disebut "Server". Yang membedakan Discord dengan platform sosial lainnya adalah Discord dikhususkan untuk para gamer dalam komunikasi ketika bermain game, tapi seringkali juga digunakan untuk perkumpulan suatu komunitas atau sekedar server hiburan. Jangan lupa bahwa server-server Discord memiliki puluhan jenis, dari server Game, Anime, Memes, Support Server, Komunitas, dan lain-lain.

Selengkapnya: Apa itu Discord, dan bagaimana cara menggunakannya? - Versi Mr. Gaje

🔸🔹🔶🔷🔰🔷🔶🔹🔸

   Mari kita masuk ke topik utamanya. Bagaimana cara membuat Bot Discord, tanpa perlu coding?
   Ya, hampir semua dari developer bot mengembangkan botnya dengan menghostingkannya atau menghubungkan bot tersebut ke suatu tempat, agar dapat digunakan dan berfungsi dengan baik mereka pasti akan menggunakan solusi Coding.
   Coding (Code-ing) adalah sebutan untuk sebuah aktivitas dimana seseorang menulis kode-kode tertentu menggunakan bahasa program dan platform tertentu untuk menjalankan suatu program. Untuk sebuah Bot Discord, ada banyak pilihan untukmu jika kamu ingin belajar coding. Yang seringkali dibilang tempat paling mudah membuat dan mengoperasikan bot adalah Python, walau begitu banyak sekali juga para developer menggunakan Javascript. Ini adalah kedua media platform yang seolah-olah bersaing dalam pembuatan dan pengoperasian Bot Discord. Tapi perlu diingat bahwa kamu perlu banyak belajar terlebih dahulu barulah kemudian kamu bertanya pada seorang ahli jika kamu benar-benar kebingungan, karena meng-coding suatu program tidaklah mudah.

   Maka dari itu, disini, hari ini, detik ini, Mr. Gaje akan memberitahu kalian sebuah website yang bisa kalian gunakan untuk membuat dan mengoperasikan sebuah Bot Discord atau bahkan mungkin kamu ingin membuat banyak bot? Kamu bebas melakukannya sesuai keinginanmu.

   Tapi perlu diingat bahwa segala sesuatu itu pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Termasuk dalam hal ini, membuat Bot Discord dengan meng-coding sendiri memang pastinya akan membuatmu lebih leluasa dan bebas dalam membuat suatu fitur untuk bot tersebut, kamu bisa membuat fitur apapun yang kamu inginkan, hanya saja kekurangannya adalah kamu harus belajar terlebih dahulu sampai kode-kode tersebut dapat bekerja dengan baik tanpa error sehingga bot dapat beroperasi seperti seharusnya. Sedangkan dengan menggunakan website ini, kamu bisa menambahkan banyak sekali hal yang kamu inginkan untuk botmu, tapi terbatas, seperti hal-hal yang terbilang sulit kodenya untuk ditulis yaitu fitur Musik, Webhook, Timer, Cuaca, dan lain-lain (note: ada lebih dari 10 fitur yang website ini sediakan) fitur-fitur keren ini dibatasi dengan sebuah bayaran, jadi intinya kamu harus membayar terlebih dahulu agar mendapat fitur-fitur keren tersebut. Tapi jangan cemas, karena fitur-fitur gratisnya pun sangat-sangat berguna jika kamu bisa memanfaatkannya dengan baik, seperti yang pernah saya lakukan ketika masih menggunakan mode gratis ini, saya menjadikan bot saya sebagai bot berkategori Fun sebagai bot penghibur.

   Peringatan: Jangan sekali-kali menghubungkan bot kamu ke website ini jika bot kamu sudah terhubung dengan platform lain. Karena kedua platform itu akan saling tarik-menarik untuk menghubungkan bot tersebut ke Discord. Jika aktivitas "rebutan" ini terjadi hingga 1000 kali dalam jangka waktu yang pendek, bot tersebut akan secara otomatis "rusak" dan kamu perlu membuat token yang baru dan me-replace token yang lama dengan token yang baru.

   Yang dimaksud token disini adalah semacam kunci program agar bisa menggunakan program tertentu. Kunci tersebut berupa kode panjang (yang biasanya tanpa spasi) hingga 30 kombinasi angka dan huruf.

   Mengenai cara-cara untuk melakukannya, ada di halaman kedua. Silahkan klik disini atau tombol "Next Page" di bawah untuk berpindah ke halaman kedua.

[1/2]

3 comments

  1. Min gimana cara ubah warna nya jadi random

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin ini bisa membantu.

      https://gist.github.com/olvrb/4eb08cb1ab2da84055e806cb0e355dd5

      Delete
    2. Tapi komentar di atas hanya berlaku untuk cara coding manual.
      Jika yang kamu maksud adalah konten ini, yang tanpa coding lewat BotGhost, kalau tidak salah warna embed text hanya bisa ditetapkan melalui warna tertentu yang disediakan, kalau mau dengan warna khusus atau random sepertinya harus membeli premium.

      Delete


EmoticonEmoticon

Motto:

"Jangan berharap lebih, jika tidak berusaha lebih." ~Gray