Want to see more topics?

11 January 2019

Tokoh-tokoh Anime Naruto yang Berkepribadian Extrovert, Introvert & Ambivert


   Yo- Balik lagi pastinya dengan Mr. Gaje di sini! Gimana kabar kalian? Ya bodoamat lah. Nah seperti yang kalian tahu, hari ini Mr. Gaje akan membahas tentang "Tokoh-tokoh Anime Naruto yang Berkepribadian Extrovert, Introvert & Ambivert".
   Anyway nih guys! Buat yang suka baca artikel kayak gini tapi juga suka main Facebook, mending main Facebook sambil baca artikel aja, lebih bermanfaat kan! Di sini.


   Tapi Mr. Gaje gak bakal kasih semua tokoh ya, soalnya... Ya kamu tahu lah, banyak sekali tokoh yang muncul di anime Naruto. Belum lagi akhir-akhir ini muncul anime baru sebagai penerus anime Naruto, yaitu "Boruto, The Next Naruto Generation". Oke, tanpa basa basi lagi mari kita langsung
ke yang pertama, tokoh utama dari anime ini sendiri, yaitu Naruto!

◆ Naruto Uzumaki
Naruto Uzumaki
   Tokoh yang paling familiar di telinga kebanyakan orang, Naruto. Secara fisik mungkin kita akan mengira ia adalah seorang yang berkarakter Extrovert, tapi ternyata tidak. Dia adalah seorang yang berkepribadian Ambivert yang tidak seimbang.
   Kenapa demikian? Karena kita semua tahu Naruto dulunya adalah seorang yang dikucilkan, itu akan membuatnya memiliki kepribadian Introvert. Kemudian masa-masa di mana Naruto mulai nakal, sisi Extrovert yang sangat kontras ditunjukkannya. Dengan pikiran Introvertnya dia membuat kebiasaan Extrovert sehingga dengan begitu dia memiliki kepribadian Ambivert, tapi tidak seimbang karena Naruto cenderung seperti Extrovert dibanding Introvert.

◆ Sakura Haruno
Sakura Haruno
   Sakura, adalah salah satu karakter di anime Naruto yang sifat karakteristiknya cukup sulit untuk ditebak--apakah dia Extrovert, Ambivert atau Introvert. Setelah ditelusuri lebih lama dan menonton lebih banyak episode anime Naruto di mana Sakura disorot, saya sudah mendapat kesimpulannya bahwa Sakura Haruno adalah karakter Extrovert, bisa kita lihat dari bagaimana dia bersikap ketika kesal kepada seseorang, bagaimana cara dia berbicara, responnya, dan lain-lain.

◆ Sasuke Uchiha
Sasuke Uchiha
   Jelas, Sasuke adalah seorang Introvert, tidak perlu ditanya kenapa karena secara fisik maupun kepribadian sifat yang ditunjukkan dan pola pikirnya tetaplah jati diri seorang Introvert. Pendiam, suka menyendiri, tidak suka diganggu, benci keramaian, banyak berpikir.

◆ Neji Hyuuga
Neji Hyuuga
   Kalau yang ini sih, walau juga Introvert, tapi ceritanya beda. Kalau Sasuke menjadi Introvert karena susah akrab dan lebih memilih untuk menutup diri, berbeda dengan Neji yang sebenarnya bisa saja menjadi seorang Extrovert maupun Ambivert, tapi karena dia dididik di Klan Hyuga yang keras dan tertutup, lahirlah pribadi Introvert yang keras dan disiplin di dirinya.

◆ Rock Lee
Rock Lee

   Kurang lebih seperti Naruto. Bedanya hanya terletak di tingkat kemalasan dan kerajinan antara Naruto dan Lee. Itu sudah jelas, karena yang mendidik mereka pun mempunyai tingkat kemalasan dan kerajinan yang berbeda antara Kakashi dan Guy.

◆ Tenten
Tenten
   Tenten adalah Ambivert Person yang seimbang, bahkan mungkin adalah yang paling seimbang di anime Naruto ini.
   Karena seperti kata C.G Jung sendiri sebagai penemu istilah Extrovert Introvert dan Ambivert, "Ambivert tahu kapan untuk berpikir, kapan untuk bertindak, dan kapan untuk diam."
   Seperti yang kita tahu bahwa kadang Tenten bisa menyembunyikan apa yang sebenarnya ia rasakan di hadapan seseorang. Sifatnya berubah sesuai suasana di sekitarnya, dia akan seperti Introvert di kala sendiri dan dia akan seperti Extrovert di kala berkomunikasi dengan orang-orang.

◆ Hinata Hyuuga
Hinata Hyuuga
   Introvert, AKUT. Hinata juga dibesarkan di Klan Hyuga sama seperti Neji, bedanya adalah Hinata memiliki sisi hati yang lemah lembut yang berbalik dengan prinsip Klannya yang keras dan disiplin. Di situ terkadang menyiksanya dan memunculkan sisi Introvert yang disebabkan oleh rasa takut di dirinya. Tapi, mayoritas Introvert menjadi Ambivert di umur dewasanya, seperti Hinata yang sudah mulai mudah akrab dengan banyak orang di anime Boruto : Naruto Next Generation.

◆ Kiba Inuzuka
Kiba Inuzuka
   Ini adalah tokoh yang sepenuhnya berkepribadian Extrovert. Karena dia dibesarkan bersama anjingnya yang di mana hal itu membuatnya tidak bisa lepas dari anjingnya yang bernama Akamaru. Jika dia sendirian maka dia bosan dan sedih, itu adalah karakteristik paling menonjol yang hanya dimiliki seorang Extrovert.

◆ Shino Aburame
Shino Aburame
   Satu lagi tokoh Ambivert kita. Tapi bedanya kali ini adalah dulunya Shino menjadi Introvert karena dia terbiasa bersahabat dengan para serangga, sehingga ketika berkomunikasi dengan orang-orang dia memerlukan penyesuaian diri yang tepat agar tidak salah dalam bertingkah. Penyesuaian diri tersebut terus berkembang hingga kini (di Anime Boruto) Shino menjadi seorang Ambivert yang keseimbangannya cenderung seperti Extrovert karena dia harus berhadapan dengan banyak orang.

◆ Shikamaru Nara
Shikamaru Nara
   Dari kecil, Shikamaru sudah dididik agar tidak salah dalam melakukan apapun. Yang membuatnya menjadi sosok yang disiplin, teratur dan cermat, seperti ayahnya. Dan pada dasarnya hanya seorang yang memiliki kepribadian Ambivert yang bisa memiliki kelebihan sesempurna itu. Dari cara komunikasinya pun sudah sangat jelas terlihat kalau dia adalah seorang Ambivert, yaitu pemikir cermat yang bijaksana dan tidak gegabah, serta mudah menyesuaikan diri dengan keadaan sekitar. 

◆ Choji Akimichi
Choji Akimichi
   Kalau tadi kita temui beberapa tokoh berkarakter Ambivert yang cenderung seperti Extrovert, berbalik dengan Choji. Yang di mana kepribadiannya justru Extrovert yang cenderung seperti Ambivert. Artinya, Choji memiliki sangat sedikit pola pikir Introvert di dirinya. Sangat sedikit sisi Introvert itu muncul dari masa kecil Choji di mana sangat banyak rintangan yang dihadapinya membuatnya kuat dan bangkit walau sempat jatuh.

◆ Ino Yamanaka
Ino Yamanaka
   Tokoh yang satu ini juga kurang lebih seperti Choji, bedanya adalah Ino itu perempuan, dan yang membuatnya memiliki sedikit sisi Introvert adalah usaha keras yang juga dihadapinya ketika melatih diri untuk menguasai jurus Klan Yamanaka yang menggunakan banyak daya pikir untuk melakukan berbagai macam jurus.

◆ Konohamaru Sarutobi
Konohamaru Sarutobi
   Yang satu ini sepenuhnya juga adalah seorang Extrovert. Murid favorit Naruto ini sangat jarang menunjukkan ekspresi sedihnya. Lebih sering menunjukkan sisi senang dan cerianya, yang membuatnya jelas memiliki kepribadian seorang Extrovert. Memang mungkin kepribadian seseorang tidak bisa hanya dilihat dari sisi fisiknya saja, tapi walau begitu dari pola pikirnya pun sudah jelas kalau Konohamaru adalah seorang Extrovert.

◆ Kakashi Hatake
Kakashi Hatake
   Inilah tokoh yang cukup terkenal di anime ini, seorang yang memiliki gelar "Peniru" atau "Penjiplak" atau "Pencopas" atau apalah terserah kalian, ternyata dia adalah seorang yang berkepribadian Ambivert dengan keseimbangan yang cenderung seperti Introvert.

◆ Might Guy
Might Guy
   Rival sejati Kakashi yaitu Might Guy, atau yang sering disebut di Indonesia dengan nama "Guru Gai" ini memiliki sisi pribadi yang sebenarnya sudah pasti kita tahu dan tidak perlu kita tebak lagi. Extrovert, sisi yang paling menonjol dari tokoh yang satu ini. Seserius apapun, sesedih apapun, tokoh ini selalu menjadi penghibur bagi penonton dan itulah alasan kenapa dia memiliki sisi Extrovert, sebagai penghibur.

◆ Iruka Umino (Iruka Sensei)
Iruka Sensei
   Tokoh berikutnya setelah Naruto dan Jiraiya yang menyukai Ramen, adalah Iruka Sensei, atau nama lengkapnya adalah Iruka Umino. Orang yang dianggap Naruto sebagai keluarganya sendiri ini berkepribadian Ambivert, karena dia memiliki sisi pribadi yang 'matang' sehingga dia terlihat lebih dewasa dan berwibawa.
   Sebelumnya mohon diingat bahwa kedewasaan bukan poin seseorang bisa disebut Ambivert atau bukan, untuk selengkapnya tentang informasi ketiga kepribadian ini silahkan klik disini.

◆ Yamato
Yamato
   Tokoh yang berpengendalian Elemen Kayu ini memiliki sisi pribadi yang cukup unik, karena kadang.. Dia seperti Extrovert, kadang Ambivert, kadang Introvert. Saya simpulkan, Yamato Sensei adalah seorang yang berkepribadian Ambivert.

◆ Asuma Sarutobi
Asuma Sarutobi
   Guru atau mentor Shikamaru, Choji dan Ino yang belum sempat melihat kemenangan perang besar ini ternyata berkepribadian Ambivert yang cenderung Extrovert, lho! Bisa kita lihat dari caranya bersikap walau dia suka bercanda dan seringkali menjadi pencair suasana, dia juga tenang dan bijaksana dalam mengambil pilihan.

◆ Kurenai Yuhi
Kurenai Yuhi
   The another mentor atas Kiba, Shino dan Hinata. Mentor atau guru yang sering dijodoh-jodohkan dengan Asuma oleh para penontonnya, dan ya, memang begitu kenyataannya. Dari segi kepribadian Kurenai jarang memperlihatkan sikapnya, jadi bisa disimpulkan dia adalah tokoh berkepribadian Ambivert.

◆ Jiraiya
Jiraiya
   Orang yang sering disebut-sebut sebagai "Guru Tersukses karena meninggalkan murid-muridnya dengan keahlian tinggi" ini kurang lebihnya juga memiliki sisi pribadi yang sama seperti Naruto, yaitu Ambivert yang cenderung seperti Extrovert. Kisah hidup asmaranya pun kurang lebih sama seperti Naruto, walau tidak terlalu sama.

◆ Tsunade Senju
Tsunade Senju
   Hokage Kelima yang pernah disukai oleh Jiraiya karena wajah kawaii dan oppai boingnya ini ternyata  berkepribadian Extrovert. Tapi kadang, di beberapa episode acak Tsunade digambarkan dengan kepribadian Ambivert.
   Yang berarti bisa saja Tsunade adalah seorang yang berkepribadian Extrovert yang juga memiliki sisi Ambivert.

◆ Shizune
Shizune
   Asisten Tsunade yang pernah berguru pada Tsunade ini sering disebut sebagai seorang yang berkepribadian Extrovert atau Ambivert. Sebagian orang masih memperdebatkan tentang sisi kepribadian tokoh yang satu ini. Padahal kenyataannya, Shizune  adalah tokoh dengan kepribadian Introvert. Kadang-kadang dia memang menunjukkan sisi akrab dan terbukanya, tapi sadarkah kalian bahwa ia hanya menunjukkan sifat tersebut ke orang-orang terdekatnya? Dia Introvert.

◆ Orochimaru
Orochimaru
   Tokoh sadis ini berkepribadian Introvert. Jelas terlihat dari berbagai episode yang kita tahu, Orochimaru selalu bersifat layaknya seorang psikopat. Dan 78% orang menjadi psikopat disebabkan karena memiliki sisi Introvert.

◆ Yakushi Kabuto
Yakushi Kabuto
   Tokoh sadis berikutnya yang juga berkepribadian Introvert yang merupakan murid dari Orochimaru, memiliki sisi Introvert karena pernah terjadi berbagai hal tragis di waktu kecilnya.

◆ Madara Uchiha
Madara Uchiha
   Orang yang membuat perang antar Klan tidak terelakkan, yang membuatnya menumbuhkan rasa dendam bahkan hingga menjadi perang besar di sana ini ternyata memiliki sisi kepribadian Extrovert yang cenderung seperti Ambivert.

◆ Obito Uchiha
Obito Uchiha
   Dendam yang tumbuh menjadi kekuatan super kuat seorang Obito setelah sebelumnya memiliki kepribadian Ambivert - sadis.


◆ Itachi Uchiha
Itachi Uchiha
   Kita semua mengenal saudara Sasuke ini yang membantai seluruh orang dengan klan Uchiha di suatu malam termasuk keluarganya sendiri, tapi terkecuali adiknya Sasuke. Itachi diketahui sebagai pemilik kepribadian Introvert yang cenderung Ambivert, bisa dilihat dia yang menyayangi adiknya namun sangat ketus kepada orang lain.

◆ Deidara
Deidara
   "Seni adalah ledakan", begitulah katanya. Slogan Deidara yang tidak akan pernah penonton setia Naruto lupakan. Kita semua tahu kalau Deidara adalah orang yang sangat terbuka, dalam artian yang bisa dibilang tidak tahu malu, blak-blakan, humoris dan tidak suka kesepian, jelas sudah kalau Deidara adalah seorang Extrovert.

◆ Sasori
Sasori
   Sasori, salah satu pengendali boneka yang menyalahgunakannya karena alasan tertentu. Orang ini berkepribadian Introvert karena sifat tertutupnya, walau begitu dia bersahabat dengan Deidara.

◆ Granny Chiyo
Granny Chiyo
   Juga merupakan pengendali sekaligus pembuat boneka, Nenek Chiyo adalah nenek dari Sasori. Yang sempat berjuang bersama Sakura untuk mengalahkan Sasori dengan dua boneka andalannya; Boneka kedua orang tua Sasori (bukan yang di gambar), yang membuat Sasori jatuh dalam pelukan mereka karena Nenek Chiyo tau itu yang dia butuhkan. Nenek Chiyo dengan kebijaksanaan dan sisi hangat serta humorisnya berkepribadian Ambivert yang cenderung Extrovert.

◆ Gaara
Gaara
   Sisi Introvert terlihat jelas dari orang ini. Kisahnya dengan Naruto pun menjadi inspirasi bagi banyak Introvert di dunia agar tidak terlalu mengucilkan dirinya sendiri.

◆ Kankuro
Kankuro
   Sahabat Gaara yang satu ini selalu menjadi penengah antara sisi Introvert Gaara dan sisi Extrovert Temari karena Kankuro memiliki sisi kepribadian Ambivert.

◆ Temari
Temari
   Seperti yang saya tulis sebelumnya di atas, Temari memiliki sisi kepribadian Extrovert. Temari juga adalah seorang yang disiplin dan teratur, wajar saja jika penulis menjodohkannya dengan Shikamaru (lol).

   Dan... Yah, saya rasa hanya ini yang bisa saya berikan hari ini. Saya lupa beberapa karakter yang lain, padahal masih sangat banyak lagi yang ingin saya tulis. Tapi segitu saja tidak apa-apa, kan? Lagipula ini pun sudah sangat banyak (yaah walau gak lengkap).
     Yah, kepribadian-kepribadian tertentu memang muncul karena beberapa hal. Mr. Gaje bisa saja membahasnya di kemudian hari jika kalian setuju ^_^
   Sekian dulu untuk pertemuan kali ini, semoga bermanfaat!

   Ikuti terus Mr. Gaje tiap harinya untuk mendapat berbagai informasi, Like & Share ya guys! Mari kita bangun bersama fanspage ini agar kita memperluas wawasan bersama dan berbagi manfaat bagi semua orang. See you, #Gajeers!
   Ikuti juga Mr. Gaje di Facebook: Mr. Gaje

1 comment


EmoticonEmoticon

Motto:

"Jangan berharap lebih, jika tidak berusaha lebih." ~Gray