Want to see more topics?

20 January 2019

Tokoh-tokoh Kartun Spongebob Squarepants yang Berkepribadian Extrovert, Introvert & Ambivert

~By: Ahmad Mu'Arif

   Yo! Gaes, setelah sekian lama Mr. Gaje gak update update post, pada pertemuan kali ini seperti yang kalian tahu Mr. Gaje akan membahas seperti yang biasa kita bahas, yaitu tentang orang/tokoh tertentu dengan kepribadian tertentu, khususnya dari kartun Spongebob Squarepants untuk hari ini. Ke depannya pun Mr. Gaje akan membahas tentang Tokoh-tokoh Youtuber Minecraft yang Berkepribadian Extrovert, Introvert & Ambivert.
   Anyway nih guys! Buat yang suka baca artikel kayak gini tapi juga suka main Facebook, mending main Facebook sambil baca artikel aja, lebih bermanfaat kan! Di sini.

★ Artikel sebelumnya:
EXTROVERT, INTROVERT & AMBIVERT, kamu yang mana?
Tokoh-tokoh Indonesia yang Berkepribadian Extrovert, Introvert dan Ambivert
Tokoh-tokoh Anime Naruto yang Berkepribadian Extrovert, Introvert & Ambivert

   Ok! Tanpa basa-basi lagi, mari kita langsung to the topic!


◆ Spongebob Squarepants
   Tokoh unik yang menjadi judul dari kartunnya sendiri ini seringkali dianggap aneh dan lucu karena keluguannya. Tapi tahukah kamu? Ternyata Spongebob berkepribadian Extrovert!
   "Ya iyalah udah tau kali ah gimana si Mr. Gaje ih"
   Yaa... Mungkin sebagian dari kalian ada yang berpikiran kalau Spongebob adalah seorang Ambivert, atau bahkan Introvert? Sebenarnya Spongebob memang memiliki sifat Ambivert maupun Introvert. Tapi berdasarkan penelitian Mr. Gaje sendiri, dari hampir semua episode kepribadian yang ia tampakkan adalah kepribadian seorang Extrovert.
   Contohnya beberapa episode seperti:
-  Ketika Spongebob tidak diperbolehkan bekerja (disuruh cuti) oleh Mr. Crab, dia merasa bosan sendirian di rumah, bahkan ketika ada Garry sekalipun. Dan itu jelas adalah pribadi seorang Extrovert.
-  Ketika Spongebob merasa Paranoid (Paranoid berarti takut bahwa apapun/siapapun/dunia luar itu berbahaya) dan dia hanya ingin diam di rumah, ditemani tisu kering, kripik dan koin, sebenarnya ini bukan sifat Introvert. Karena dia hanya sedang paranoid, yang sebenarnya ia inginkan juga adalah keluar. Karena faktanya seorang Introvert tidak akan merasa depresi berdiam diri di rumah, sementara Spongebob seolah-olah merasa sangat-sangat depresi.
   Dan berbagai contoh sekmen lainnya. Jadi kesimpulannya, Spongebob Squarepants adalah tokoh yang berkepribadian Extrovert.

◆ Patrick Star
   Tokoh lugu yang berperan sebagai sahabat Spongebob yang suka menganggur ini sebenarnya adalah seorang Ambivert. Saya tahu sebagian dari kalian pasti berpikir bahwa saya berpendapat demikian karena saya berpikir tentang ketika Patrick "mendapat" otak baru dan menjadi pintar, seolah-olah ada sisi Ambivert-Introvert di situ sementara di sekmen lain terlihat seperti Extrovert, lalu saya menyimpulkan dia adalah Ambivert, maaf tapi kamu salah karena bukan itu yang saya pikirkan.
   Saya berpikir bahwa Patrick adalah Ambivert karena mari kita lihat dari berbagai episode, tidak selamanya Patrick merasa sendiri itu membosankan dan tidak selamanya Patrick merasa sendiri itu menyenangkan, pribadinya selalu berubah-rubah, pendapatnya, pikirannya, walau begitu Patrick tetap diciptakan dengan karakter lugu agar ada kesan lucu dari kartun ini. Di berbagai episode pun kita bisa melihat betapa bijaknya Patrick ini, walau hampir dari semua kata-kata bijak yang ia ungkapkan diiringi dengan candaan yang membuat kita tidak terlalu memikirkannya.
   Padahal di situ si penulis sedang menyampaikan amanat bahwa "TIDAK SELAMANYA ORANG YANG TERLIHAT BODOH ITU BODOH".

◆ Squidward Tentacles
   Kita semua tahu Squidward sendiri pernah mengaku kalau dia seorang Introvert, dan.. Yap, dia memang Introvert. Banyak Inside Joke di banyak dialog yang dikeluarkannya, dan hampir dari semua candaannya pun kebanyakan tidak bisa dipahami oleh anak-anak karena candaannya terbilang sulit untuk dipahami, itulah Introvert. Candaan orang-orang cerdas memang berbeda.

◆ Mr. Eugene Crabs
   Atau yang sering disebut Mr. Krab sebagai tokoh mata duitan ini jelas sekali berkepribadian Extrovert. Sama halnya seperti Spongebob, banyak episode yang memperlihatkan seolah-olah dia berkepribadian Ambivert atau Introvert, ternyata faktanya dia berkepribadian Extrovert.

◆ Sandy Cheeks
   Tokoh Ambivert kedua setelah Patrick yang saya sadari di kartun ini adalah Sandy Cheeks. Yap, dia memang Ambivert. Itu bisa dilihat jelas dari banyaknya episode di mana Sandy selalu bersifat netral, kecuali jika dia yang dipojokkan.

◆ Sheldon Plankton
   Extrovert, itulah sebabnya permusuhan Plankton dan Mr. Krab tidak pernah berhenti, Extrovert sama Extrovert kalo udah berantem ya gitu, susah emang.

◆ Caren The Computer Wife
   Tadinya saya mengira dia adalah tokoh Extrovert, sama seperti Plankton. Karena dari yang saya tahu nama asli Karen adalah Caren Plankton (dengan nama marga Plankton). Tapi jika dipikir-pikir, dia kan komputer? Di sini saya tersadar kalau sebenarnya dia adalah tokoh yang berkepribadian Ambivert, karena di berbagai episode pun dia selalu digunakan sebagai tokoh penengah.

◆ Mrs. Poppy Puff
   Sudah bisa ditebak, bukan? Extrovert, ya! Tokoh yang satu ini memang berkepribadian Extrovert. Tidak perlu saya berikan terlalu banyak penjelasan karena dari sananya sudah jelas kalau Ny. Puff adalah seorang Extrovert. Bedanya, dia memiliki rasa ketidaksukaan terhadap Spongebob, dan memiliki pola pikir yang sejalan dengan Squidward yang seorang Introvert.
   Ya... Jangan kamu pikir Extrovert tidak akan pernah bisa berteman dengan seorang Introvert.

◆ Garry The Snail
   Introvert? Nooooooo....
   Jangan hanya karena Garry seekor siput mengeong yang pendiam kamu langsung menilai kalau dia adalah seorang Introvert. Karena faktanya, Garry adalah tokoh Ambivert. Kita semua seharusnya tahu itu karena dari banyaknya episode pun sudah digambarkan kalau Garry itu adalah seorang yang sering bersifat netral dan memiliki kepribadian yang berubah-rubah layaknya Ambivert.

◆ Larry Lobster
   Wajar saja jika tokoh yang satu ini bisa dekat dengan banyak tokoh di kartun ini. Karena dia adalah seorang Ambivert (juga). Ya.. Bisa dibilang Ambivert memang adalah tipe idaman karena memiliki hampir semua dari apa yang kita perlukan dalam menjalani sebuah hubungan asmara.
   "EAAAAA apaan si gajelas malah ngomongin asmara."

◆ Pearl Crabs
   Entah bagaimana ceritanya Crabs bisa memiliki anak seorang paus, banyak teori tentang kemunculan Pearl salah satunya bahwa Ibu Pearl pernah melakukan hubungan dengan seorang paus jantan lalu bingung untuk mengemanakan anaknya, tapi ketika bertemu dengan Mr. Krab, dia langsung jatuh cinta, dan dikarenakan Mr. Krab juga adalah "penyuka spesies lain" jadilah mereka menikah, namun kemudian musuh Mr. Krab yaitu Plankton ingin mencuri resep Krabby Patty seperti biasa, dan tidak sengaja hampir membunuh Ibu Pearl sehingga membuat Ibu Pearl memutuskan untuk pergi hingga tidak kembali lagi. Sejak saat itu lah Pearl menjadi anak angkat Mr. Krab.
   Tapi ngomong-ngomong, apa kepribadian Pearl? Extrovert, yeah! Tak perlu ditanya lagi, dari rasa bosannya ketika sendirian dan ingin beramai-ramai terus-terusan saja sudah cukup untuk membuktikan bahwa dia adalah seorang Extrovert.

◆ Mermaid Man
   Seorang Pahlawan Pensiunan yang bisa bernapas di air karena mencuci baju di pantai ini ternyata berkepribadian Extrovert. Banyak sekali episode yang memberikan petunjuk kalau dia adalah seorang Ambivert, tapi satu-satunya fakta yang benar adalah dia seorang Extrovert. Karena walau dia juga digambarkan lugu, dia tidak memiliki sisi yang hanya dimiliki Patrick sebagai tokoh lugu di kartun ini.

◆ Barnacleboy
   Seorang Pahlawan Pensiunan yang bisa bernapas di air setelah dipaksa menggunakan benda tertentu ke paru-paru oleh Mermaid Man ini ternyata berkepribadian Introvert! Sama halnya seperti Squidward, bahkan seringkali tokoh ini disama-samakan dengan Squidward. Padahal Squidward adalah Gurita sementara Barnacleboy adalah Manusia.

◆ Flying Dutchman
   Siapa yang tidak kenal dengan hantu hijau humoris dari kartun ini? Memang agak menakutkan bagi sebagian orang, tapi sifat lucunya selalu membuat rasa takut berubah menjadi rasa ingin tertawa terbahak-bahak. Bahkan justru kebanyakan tidak takut sama sekali karena mereka hanya hantu boongan.
   Jadi kepribadian apa yang hantu ini miliki? Ambivert, tentu saja. Karena tadinya saya berpikir dia adalah seorang Extrovert, tapi tunggu.. Extrovert tidak akan pernah tahan selama itu sendirian! Walau dia hantu dia juga bisa mencari teman hantu lain jika kesepian, bukan? Jadi jelas, dia adalah seorang Ambivert.

◆ SubCharacter
   Banyak lagi karakter-karakter tambahan di kartun Spongebob Squarepants yang jarang muncul, tapi mungkin itu hanya akan membuat saya kelelahan mengetik dan membuat kalian kelelahan membaca pastinya, jadi saya rasa saya harus segera mengakhirinya. Kita ambil kesimpulannya saja, SubCharacter bisa berkepribadian apa saja.

   Ok, sekian dulu untuk hari ini! Kalau ada dari kalian yang gak paham apa itu Extrovert, Introvert maupun Ambivert, silahkan scroll ke atas dan klik linknya agar kamu segera diarahkan ke tempat di mana kamu bisa dapatkan penjelasan yang akurat mengenai apa yang kamu tanya-tanyakan.
   Ikuti terus Mr. Gaje tiap harinya untuk mendapat berbagai informasi, Like & Share ya guys! Mari kita bangun bersama fanspage ini agar kita memperluas wawasan bersama dan berbagi manfaat bagi semua orang. See you, #Gajeers!

   Ikuti juga Mr. Gaje di Facebook: Mr. Gaje



 

0 komentar

Post a Comment

Motto:

"Jangan berharap lebih, jika tidak berusaha lebih." ~Gray