Want to see more topics?

10 November 2019

Apa perbedaan Animers, Otaku dan Wibu? | Mr. Gaje

By: Ahmad Mu'Arif

~Req by: Rin Narai

   Mungkin kita sudah tidak asing lagi mendengar istilah seorang Animers, Otaku dan Wibu. Sudah sering kita melihat orang-orang yang seperti itu. Entah itu di sosial media seperti di fb yang memakai foto profil anime ataupun di acara acara yang berbau hal jepang.

   Nah kali ini saya akan membahas perbedaan Animers, Otaku dan Wibu.



1. Animers / Anime Lovers
   Pada dasarnya, seperti namanya Animers berarti para Pecinta Anime. "Asal"nya pun sama-sama dari menyukai suatu Anime. Tapi tidak jarang dari mereka para Animers berasal dari orang-orang yang menyukai Anime pada musim tertentu di periode tertentu, atau hanya karena Anime tertentu, atau bahkan hanya karena menyukai seni 2D gaya Anime, sebenarnya mereka juga bisa dibilang Animers, walau tidak se-update Animers pada umumnya tentang Anime-anime terbaru.
   Catatan: Orang-orang yang menjawab "Boku no pico" sebagai saran Anime, hampir semua dari mereka adalah Animers ampas yang wawasannya tentang Anime terlalu sempit.

2. Otaku
   Dulunya, saya juga berpikiran bahwa Otaku adalah sebutan untuk orang yang lebih menyukai Anime daripada Animers, yang lebih dekat, semacam itulah. Tapi kemudian saya tersadar, sebenarnya Otaku adalah sebutan untuk orang-orang Jepang yang lebih suka menutup diri dan berdiam diri di rumah, yang kalau di Indonesia sekarang kita sebut sebagai "No Life". Entah bagaimana bisa kita salah paham tentang "Otaku adalah penyuka Anime".
   Tapi balik lagi, ini jawaban pribadi dari saya.

   Menurut Wikipedia, Otaku (おたく/オタク) adalah istilah bahasa Jepang yang digunakan untuk menyebut orang yang betul-betul menekuni hobi.
   Dikutip pula dari Wikipedia, sejak paruh kedua dekade 1990-an, istilah Otaku mulai dikenal di luar Jepang untuk menyebut penggemar berat subkultur asal Jepang seperti anime dan manga, bahkan ada orang yang menyebut dirinya sebagai Otaku.

   Jadi kesimpulan yang dapat diambil di sini adalah... ya.. gitu dah. (Edit-2021) Sebenarnya ada yang setuju kalau Otaku adalah sebutan untuk orang NoLife, meskipun secara definisi Otaku adalah seorang pekerja giat yang menekuni hobi sampai lupa waktu. Betapa lucunya pendapat saya waktu itu.

3. Wibu / Weeaboo / Weebs
   Berdasarkan dari pemahaman kita, Wibu adalah orang-orang yang sangat akut terhadap Jejepangan, kan? Ternyata pemahaman kita tidak jauh dari arti "Wibu" yang sebenarnya, lho! Wibu atau Weeaboo atau Weebs, berarti orang-orang (dari luar Jepang) yang sangat terobsesi akan Jepang sehingga sangat menyukai dan seringkali meniru apa yang biasanya orang-orang Jepang lakukan seolah-olah sedang tinggal di Jepang.

* Lalu kenapa orang-orang merasa hal ini perlu dibedakan?
   Karena, dari maknanya saja sudah jelas-jelas berbeda, masih saja ada yang menyamakannya.

* Dan kenapa mayoritas sedikit sensitif mengenai hal ini?
   Sebenarnya saya hampir tidak memiliki jawaban untuk itu. Tapi ada kemungkinan ini terjadi karena rasa malu (?) mereka yang menyukai ini kemudian menjadi seorang No Life, padahal kita semua tahu apa isi Pancasila Kelima kita, mengapa harus malu? 

   So, gimana menurut kalian? Apakah sudah merasa puas dengan jawaban yang kami berikan hari ini? Beritahu kami di kolom komentar! Jangan lupa untuk share dan pastinya like halaman kami di Facebook!

6 comments

  1. Replies
    1. Sama-samaa, ikuti terus informasi terbaru Mr. Gaje yaa~

      Delete
  2. Ok gan, jadi makin paham bedanya... semoga yg biasanya nyamaratain vvibu, Otaku, ama animers baca nih postlah:v wkwkwk... sankyu~! XD

    ReplyDelete
  3. Dapat dimana artinya tod?
    Temen w yg sastra jepang temen nya bilang kalau otaku itu adalah seorang yg mendalam hobinya
    Kalau wibu itu buat orang yg menyukai budaya Jepang tapi non-jepang
    Animers? Kaga ada tolol

    ReplyDelete
  4. Kenapa ya kebanyakan orang memanggil diri sendiri wibu :'v

    ReplyDelete


EmoticonEmoticon

Motto:

"Jangan berharap lebih, jika tidak berusaha lebih." ~Gray