Want to see more topics?

11 August 2019

10 Makanan Sehat yang Menguatkan Ingatan dan Membuatmu lebih Konsentrasi

~By: Ahmad Mu'Arif

   Halo! Setelah sekian lama tidak membuat postingan, kali ini Mr. Gaje kembali dengan berbagai macam rencana baru, hehe.. Mungkin saja Mr. Gaje akan sedikit mengurangi ke-baku-an bahasa di sini agar kesannya lebih santai dan tidak terlalu formal.
   Nah, di pertemuan kali ini Mr. Gaje menerima request pertama setelah sekian lama vakum yang dikirimkan oleh Rin Narai, yang membahas tentang "10 Makanan Sehat yang Menguatkan Ingatan dan Membuatmu lebih Fokus".
   Bagi kalian yang ingin request juga, kalian bisa request dengan menyertakan hastag #Req atau bertanya dengan menyertakan hastag #Ask. Request/Question wajib dikirimkan melalui Facebook Page atau Email Mr. Gaje: mr.gaje866@gmail.com , diluar itu hanya orang terdekat pendiri Mr. Gaje yang diterima Request/Questionnya. Dan satu lagi, kami hanya menerima Request/Question yang tidak mengandung unsur negatif.

   Back to the topic! Sebelum itu, perlu diingat bahwa artikel ini mengutip dari beberapa artikel lain salah satunya dari BBC Good Food.
   Pasti ada yang pernah susah nginget sesuatu pas butuh-butuhnya, kan? Apalagi kalau sampai hal yang terlupakan itu sesuatu yang penting banget, apalagi kalau saat di situasi mepet juga, duh, pastinya bakal kacau balau. Tidak sedikit para pelajar juga mengalami hal yang sama ketika menghadapi ujian, ditambah jika orang tersebut memiliki daya fokus yang rapuh, wah.. Bayangkan betapa beruntungnya kamu membaca artikel ini!
   Memperhatikan apa yang kamu makan memberimu kesempatan terbaik untuk mendapatkan daya ingat sehat. Semua nutrisi yang kamu butuhkan untuk kesehatan kognitif. Mengonsumsi makanan seimbang dan sehat dari 10 makanan penguat otak ini dapat membantu menjaga ingatan, konsentrasi dan fokusmu setajam mungkin. Inilah ke-10 makanan yang bisa meningkatkan daya ingat dan daya fokus kamu:

1. Gandum Utuh atau Whole Grains

   Pilihan gandum utuh termasuk roti gandum dan pasta gandum. Sama hal lainnya di tubuhmu, otak tidak bisa bekerja tanpa energi. Kemampuan berkonsentrasi dan fokus berasal dari persediaan energi yang memadai dan stabil. Persediaan ini dalam bentuk glukosa dalam darah kita yang mengalir ke otak.
   Untuk mendapatkan ini, kamu bisa memilih wholegrains dengan indeks glikemik rendah. Indeks glikemik rendah melepaskan glukosa perlahan ke dalam aliran darah, membuatmu waspada secara mental sepanjang hari.

2. Minyak Ikan
   Asam lemak esensial (EFAs) tidak bisa dihasilkan oleh tubuh. Ini berarti asam lemak harus diperoleh melalui makanan. Lemak omega-3 paling efektif dihasilkan secara alami pada minyak ikan dalam bentuk EPA dan DHA. Pada tanaman, ini bisa didapatkan dari biji rami, kacang kedelai, biji labu, kenari dan minyaknya. Lemak ini penting bagi fungsi otak yang sehat, jantung, persendian dan kesehatan umummu.
   Yang membuat minyak ikan begitu baik adalah mengandung unsur aktif dari lemak ini, yaitu EPA dan DHA. Dalam bentuk siap pakai EPA dan DHA memungkinkan tubuh menggunakannya secara mudah. Sumber utama minyak ikan berasal dari salmon, trout, mackerel, herring, sardines, pilchard dan kippers. Tingkat DHA yang rendah telah dikaitkan dengan peningkatan risiko demensia, penyakit Alzheimer dan kehilangan memori. Memiliki tingkat EPA dan DHA yang cukup baik diperkirakan dapat membantu kita mengatasi stres dan membantu membuat mood pada otak menjadi baik karena serotonin.

   Jika kamu seorang vegan, kamu mungkin bisa menambahkan biji rami dan chia ke makananmu, atau pertimbangkan suplemen omega-3 berbasis tanaman. Jika kamu mempertimbangkan mengonsumsi suplemen, bicarakan terlebih dahulu pada dokter.

3. Blueberry
   Bukti akumulasi di Tufts University di Amerika Serikat menunjukkan konsumsi blueberry mungkin efektif dalam memperbaiki atau menunda kehilangan memori jangka pendek. Tak hanya berry, buah dan sayuran berwarna merah tua dan ungu mengandung senyawa pelindung yang sama yang disebut anthocyanin.

4. Tomat
   Ada bukti bagus yang menunjukkan likopen, antioksidan kuat yang ditemukan pada tomat, dapat membantu melindungi dari jenis kerusakan radikal bebas pada sel-sel yang terjadi dalam pengembangan demensia, terutama Alzheimer.

5. Telur
   Vitamin B, B6, B12 dan asam folat diketahui mengurangi kadar senyawa yang disebut homosistein dalam darah.
   Peningkatan kadar homocysteine?? Dikaitkan dengan peningkatan risiko stroke, gangguan kognitif dan penyakit Alzheimer.
   Sebuah penelitian terhadap sekelompok pasien lansia dengan gangguan kognitif ringan menemukan setelah dua tahun diobati menggunakan dosis tinggi B6, B12 dan asam folat, secara signifikan mengurangi penyusutan otak. Makanan kaya vitamin B lainnya adalah telur, ayam, ikan dan sayuran hijau.

6. Blackcurrant
   Vitamin C telah lama dianggap memiliki kekuatan meningkatkan ketangkasan mental. Beberapa penelitian menunjukkan defisiensi dapat menjadi faktor risiko degenerasi otak terkait usia termasuk demensia dan Alzheimer. Selanjutnya, penelitian menarik menunjukkan vitamin C mungkin berguna dalam mengatasi kecemasan dan stres.
   Satu sumber terbaik dari vitamin vital ini adalah blackcurrant. Sementara sumber lainnya berasal dari paprika merah, buah jeruk dan brokoli.

7. Biji labu
   Biji labu lebih kaya zinc daripada biji lainnya. Biji labu memasok mineral berharga dan penting ini untuk meningkatkan kemampuan ingatan. Biji-biji kecil juga penuh magnesium  yang penghambat stres, vitamin B dan triptofan.
   Triptofan adalah semacam serotonin yang membuat suasana hati menjadi baik.

8. Brokoli
   Brokoli adalah sumber vitamin K yang hebat. Vitamin K dikenal dapat meningkatkan fungsi kognitif dan meningkatkan kemampuan otak. Periset telah melaporkan, mengingat brokoli kaya akan senyawa glucosinolates, ia dapat memperlambat pemecahan neurotransmiter, asetilkolin.
   Ini kita butuhkan agar sistem saraf pusat dapat bekerja secara baik dan untuk menjaga agar otak dan ingatan kita tetap tajam. Tingkat asetilkolin rendah dikaitkan dengan Alzheimer.

9. Daun Sage
   Sage telah lama memiliki reputasi untuk meningkatkan daya ingat dan konsentrasi. Meskipun sebagian besar penelitian berfokus pada sage sebagai minyak esensial, namun patut dipertimbangkan untuk menambahkan sage segar ke dalam makananmu.

10. Kacang-kacangan
   Sebuah studi yang diterbitkan pada American Journal of Epidemiology menunjukkan asupan vitamin E yang baik dapat membantu mencegah penurunan kognitif, terutama pada orang tua.
   Kacang-kacangan adalah sumber vitamin E. Viatmin E bisa kamu dapatakan dari sayuran hijau, asparagus, buah zaitun, biji-bijian, telur, beras merah dan gandum utuh.

   Itulah ke-10 makanan yang memperkuat daya ingatmu dan membuatmu lebih fokus berkonsentrasi. Sekian dulu untuk pertemuan kali ini, jangan lupa share lho ya, satu share dapet esklim UwU 😗
   Ikuti terus Mr. Gaje tiap harinya untuk mendapat berbagai informasi, Like & Share ya guys! Mari kita bangun bersama fanspage ini agar kita memperluas wawasan bersama dan berbagi manfaat bagi semua orang. See you, #Gajeers!

   Ikuti juga Mr. Gaje di Facebook: Mr. Gaje

1 comment


EmoticonEmoticon

Motto:

"Jangan berharap lebih, jika tidak berusaha lebih." ~Gray